Home / Info Wasir / Makanan yang wajib dikonsumsi saat menderita wasir/ambeien

Makanan yang wajib dikonsumsi saat menderita wasir/ambeien

Makanan yang wajib dikonsumsi saat menderita wasir/ambeien – Jika anda sedang menderita penyakit wasir atau ambeien sebaiknya menjaga pola makan dan pola hidup sehat agar wasir atau ambeien yang sedan diderita tidak menjadi lebih parah. Jika amda sembarangan mengkonsumsi makanan dan tidak menjalankan polahidup sehat sudah dapat dipastikan penyakit wasir/ambeien yang sedang diderita akan menjadi semakin parah dan akan lama diobatinya. kali ini saya akan mencoba membahas tentang makanan dan pola hidup sehat yang wajib dijalankan bagi penderita wasir/ambeien.

Wasir adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah di dalam lubang anus yang mengakibatkan rasa sakit saat melakukan buang air besar. Kondisi wasir biasa terjadi secara genetis dan juga pola hidup tidak sehat.

Baca juga; Obat wasir ambejoss dan salwa

Penyebab utama terjadinya ambeien (wasir) adalah dari buruknya pola makan. Jadi, agar kondisi tidak memburuk, kuncinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan dan menjauhi makanan yang memicu gejala ambien muncul kembali.

Makanan yang Baik untuk Ambeien

Untuk mencegah dan meringankan keluhan ambeien, ada beberapa makanan yang perlu kamu asup, nih. Berikut ini daftarnya.

1. Kacang-kacangan

Makanan yang kaya serat adalah yang terbaik untuk mencegah dan segera meredakan keluhan ambeien. Setidaknya kita harus makan 25-30 gram serat setiap hari untuk memenuhi kebutuhan serat.

Kacang-kacangan dan kedelai adalah contoh sumber makanan berserat. Setengah cangkir kacang bisa memenuhi seperti serat yang dibutuhkan tubuh, lho. Karena umumnya dalam setengah cangkir kacang mengandung 7-10 gram serat, baik serat larut maupun tidak larut. Namun jumlah seratnya ini tergantung pada jenis kacang yang dipilih.

Trik memasukkan kacang-kacangan dalam menu adalah dengan menambahkan kacang pada sup dan salad yang dikonsumsi.

2. Oat dan gandum

Sudah bukan rahasia lagi bila oat dan gandum mengandung serat larut yang dibutuhkan tubuh. Karena itu kita bisa mengganti roti putih dan pasta dengan oat atau roti yang terbuat dari gandum.

Ketimbang sarapan bagel putih polos, akan lebih baik jika kamu menggantinya dengan satu oatmeal instan yang menyediakan serat hingga dua kali lipat. WebMD juga memberikan tips untuk menaburkan bekatul gandum di salad dan sup untuk meningkatkan kandungan serat.

3. Buah dan sayur

Memperbanyak makan buah dan sayur juga jadi ikhtiar terbaik untuk mencegah dan mengurangi keluhan ambeien. Kulit pada apel, pir, dan kentang merupakan tempat di mana serat tidak larut bersemayam. Karena itu jangan hilangkan kulitnya saat kamu hendak mengkonsumsinya. Selain itu, kulit pada makanan tersebut mengandung senyawa
flavonoid yang bisa membantu mengendalikan pendarahan ambeien.

Flavonoid juga ditemukan dalam buah dan sayur berwarna cerah seperti beri, anggur, dan tomat. Sayuran berwarna hijau tua seperti kangkung dan brokoli juga ditengarai banyak kandungan flavonoidnya.

Selain serat, bagi yang memiliki ambeien juga perlu mengasup banyak cairan. Karena itu, pas banget mengkonsumsi sayur dan buah yang memiliki banyak kandungan air seperti ketimun, seledri, dan semangka.

Pantangan makanan saat ambeien

Jika ada yang baik, pasti ada yang buruk. Berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi yang sedang mengalami ambeien, karena bisa bikin ambeien kambuh dan bahkan jadi makin parah.

1. Keju

Makanan ini kurang serat, sehingga tidak baik bagi yang mengalami ambeien. Demikian dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease.

2. Keripik

Keripik dan kerupuk sama-sama kering dan kurang serat. Karena itu keripik dan kerupuk juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh orang yang memiliki riwayat ambeien.

3. Makanan olahan dan siap saji

Makanan olahan dan siap saji umumnya minim serat. Sekali lagi, makanan kurang serat adalah musuh orang yang mengalami ambeien.

4. Makanan pedas

Membatasi dan menjauhi makanan pedas penting banget agar ambeien tidak kambuh. Kamu perlu tahu, makanan pedas bisa mengiritasi pembuluh darah di sekitar anus sehingga terjadilah bengkak, sehingga memicu datangnya ambeien.

5. Makanan berlemak

Daging berlemak dan makanan yang digoreng-goreng membuat pencernaan kita harus bekerja lebih keras. Karena tidak tercerna dengan baik, bisa memperparah ambeien. Alih-alih digoreng, akan lebih baik jika makanan yang akan diasup diolah dengan cara dikukus atau direbus.

Baca juga: Obat wasir herbal bawang putih

Pola Hidup sehat yang wajib dijalankan bagi penderita wasir/ambeien

1. Jangan tunda buang air besar

Saat hasrat buang air besar (BAB) datang, jangan sekali-kali untuk menunda mengeluarkannya. Sebab dengan menunda BAB akan memperburuk konstipasi dan akan berpengaruh pada ambeien.

2. Angkat kaki

Saat sedang BAB, kita bisa mengangkat sedikit kaki dengan bantuan bangku kecil. Hal ini akan mengubah posisi dubur, sehingga memungkinkan buang air besar jadi lebih mudah. Demikian saran dr Wolf, dikutip dari situs health.harvard.edu.

3. Rendam area yang radang

Untuk mengurangi keluhan ambeien, kamu bisa merendam area yang radang menggunakan baskom berisi air hangat. Waktu perendaman yang disarankan dr Wolf adalah 10-15 menit, selama 2-3 kali sehari.

Nah itulah beberapa makanan yang baik untuk penderita wasir/ambeien dan pantangannya dan pola hidup sehat untu penderita. Silahkan anda jalankan semoga bisa membantu bagi yang membutuhkan.

About acengilin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *